FORMULA FRIEDWALD

Di posting oleh sahabatkita pada 08:15 AM, 12-Feb-12

v FORMULA FRIEDWALD

Metode ini banyak digunakan, dimana kolesterol, tridgliserida, dan HDL-kolesterol diukur, kemudian LDL-kolesterol dihitung dengan menggunakan rumus friedwald.

          LDL-kolesterol = kolesterol total – (HDL kolesterol  = trigliserida/5)

Pemeriksaan kadar kolesterol total dan trigliserida dianjurkan dengan metode enzimatik. Penetapan kadar enzimatik. Penetapan kadar HDLselain dengan cara presipitasi dan enzimatik, saat ini dapat dikerjakan dengan cara langsung.

Trigliserida/5 untuk memperkirakan kadar VLDL. Hal ini berawal ketika friedewald (1972) telah mengamati dari sumber-sumber yang sudah dipublikasikan bahwa rasio masa trigliserida terhadap kolesterol dalam VLDL relative konstan antara 5 : 1 pada subyek normal dan pada pasien dengan hiperlipoproteinemia keculi tipe III (jarang ditemukan)

Karena berupa suatu perhitungan, ketepatannya tergantung pada pemeriksaan parameter yang lain. Pasien harus puasa karena makanan akan mempengaruhi kadar trigliserida. Bila Pasien tidak puasa nilai LDL kolesterol akan underestimated. LDL kolesterol akan diperkirakan lebih tinggi daripada pasien hiperlipidemia tertentu dan dapat lebih rendah pada pasien kilomikronemia atau VLDL yang tinggi. Formula ini tidak dapat digunakan pada  kadar  trigliserida >400 mg/dl. Dengan Formula ini makin tinggi kadar trigliserida makin besar over estimated cholesterol VLDL dan makin besar underestimated LDL kolesterol. Pada pasien dengan hiperlipoproteinemia tipe III, karena mempunyai  komposisi VLDL yang abnormal menyebabkan VLDL nya underestimated dan LDL kolesterol menjadi overestimated.

 

Kelemahan Perhitungan LDL-C metode Friedewald :

 

Asumsi permulaan bahwa TC = VLDL-C + LDL-C +HDL-C

Menurut rumus : LDL-C = TC – HDL-C –TG/5

 TG/5 = asumsi untuk VLDL-C

 

Rumus diatas tidak dapat digunakan bila :

1.     TG > 400 Mg/dl

2.     Non-fasting smple (peningkatan chylomicron) – VLDL, TG : C = 3 :  

     1b3. Type III patients.

 

Jadi yang paling terbaik adalah melakukan pemeriksaan LDL-C secara langsung saja, Walaupun terlalu mahal.

 

 

 

 

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

Belum ada komentar. Tulislah komentar pertama!

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar